10 Brand UMKM Keren menurut Selvi yang ada di Palembang

 Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu roda penggerak perekonomian Indonesia. Menurut Kementerian Koperasi dan UKM, sumbangan UMKM terhadap PDB Indonesia mencapai angka 60,34 persen pada tahun 2017. Artinya sekitar 60 persen nilai barang dan jasa yang diproduksi di Indonesia pada tahun 2017 berasal dari sektor UMKM.

 UMKM terdiri dari tiga jenis usaha, yaitu Usaha Mikro, Usaha Kecil, dan Usaha Menengah. Perbedaan ketiganya terletak pada jumlah aset dan omzet yang dihasilkan.Usaha Mikro adalah usaha produktif dengan aset kurang dari 50 juta rupiah dengan omzet maksimal 300 juta rupiah. Sedangkan Usaha Kecil adalah usaha produktif dengan aset 50-500 juta rupiah dan omzet 300 juta sampai 2,5 milyar rupiah. Terakhir, Usaha Menengah adalah usaha produktif dengan aset 500 juta hingga 10 milyar rupiah dan omzet 2,5-50 milyar rupiah.



Di tengah pandemi seperti saat ini Membuat pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) menata ulang strategi bisnis sehingga tetap berlangsungnya pertumbuhan perekonomian, Karena banyaknya perusahaan yang menguarangi jumlah pekerja/pegawainya, maka dari itu ada banyak orang yang beralih menjadi pelaku usaha UMKM. Bertambah dan berkembangnya pelaku UMKM ini haruslah berinovasi serta memanfaatkan kanal pemasaran dan penjualan online untuk menjaga keberlangsungan usaha ditengah pandemi. Seperti 10 Brand UMKM Keren menurut Selvi nihhh gaess... yang ada di Kota Palembang.


1. Produk Makanan Khas Palembang


     Produk makanan khas Palembang memanglah banyak dijumpai di berbagai wilayah kota Palembang, seperti pempek yang menjadi makanan khas kota Palembang yang sangat digemari dan dapat dengan mudah dijumpai. Peluang bisnis pempek juga banyak digandrungi oleh pelaku usaha UMKM di Palembang. Dan Selvi punya tempat rekomendit nih... buat kalian yang suka makan pempek atau buat kalian yang pengen jadiin pempek sebagai oleh-oleh. Kalian bisa pesen sama "Susan Wilson Home Bake "


Kalian bisa liat, cari tau dan order melalui sosial media (instagram) di @susanwilson24. Usaha yang dimiliki Yulia Atnan ini berproduksi di daerah Kenten, Palembang gaesss.... tak hanya pempek, di sini juga menujual beberapa makanan lain seperti kue-kue kekinian dan juga kue khas Palembang. 


  2. Produk Kue/cake

D2.Kitchen merupakan tempat dimana kalian bisa nemuin kue-kue an yang kekinian, enak dan harga yang terjangkau, kalo aku suka banget beli risol mayo di disini.  Tak hanya risol mayo menu andalan disini juga ada banana roll dan kue cubit yang enak banget. Pokoknya rekomen banget gaesss.....Kalo kalian mau cari tau atau mau langsung order, kalian bisa cek instagramnya di @d2.kitchen.

 

Usaha ini dibuat oleh dua sekawan yaitu, Debi dan Dita yang belum lama menjalankan usaha kuliner ini, namun sudah mendapatkan keuntungan yang lumayan. Alamat produksi yang berada di JL. Gotong Royong Lr. Budi  ini menerima pesanan dari pukul 08:00-21:00. Kalian juga bisa pesen via GoFood ataupun GrapFood.


3. Produk makanan kekinian selain kue/cake 


Di era sekarang ini ada banyak jajanan kekinian yang dijadikan sebangai lahan usha bagi pelaku UMKM. Di kalangan mahasiswa jajanan kekinian, kini menjadi camilan yang digemari sebagai teman saat mengerjakan tugas kuliah dan sebagai pengganjal perut saat lapar di kala malam. Keripik contohnya, walaupun keripik merupakan makanan jadul namun sekarang keripik bener-benar menjadi makanan yang laris dikalangan muda, seperti yang dijual di @snackgram_kampus.



Tidak hanya keripik, snakgram kampus juga menjual makanan kekinian lain, seperti jasuke, salad buah dan lainnya. Snackgram_kampus sendiri berperoduksi di jl. Angkatan 66 palembang. Snackgram_kampus yang dimiliki oleh Harianto Saputra dan Nirwana Mukti ini sudah berjalan selama satu tahun. 

4. Produk minuman Kopi


Perkembangan pengelolahan bisnis kopi di Palembang sangatlah cepet, apalagi di era sekarang ini semakin banyak dan pesatnya pertumbuhan usaha caffe maupun kedai dengan target pesaran anak muda sekarang yang hobi "nongki" . Dengan demikian aku mau kasih salah satu caffe keren yang ada di Palembang buat kalian yang suka nongki.  " Friends Coffee ".


Friends Coffee Palembang bisa jadi salah satu alternatif  pilihan, berada di jatung kota di Jalan Jenderal Sudirman tepatnya di seberang Rumah Sakit Dr Mohammad Hoesin.  Owner Friends Coffee Palembang, Harry Hartanto dan kedua temannya Vidya Candra dan Risa Hardianti mengusung konsep sangat frienly serta memberikan wadah bagi pecinta kopi untuk menikmati hobi ngopinya. kalian bisa kepoin instagramnya yaitu: @friendscoffee_plg. Coffe yang baru dibuka pada september ini memiliki beberapa menu kopi unggulan Mulai dari Aeropres, Vietnam Drip, Japanese, Kopi Tubruk, Espresso, Americano, Coffee Latte, Red Velvet Coffee hingga Avocado Lattee dan ada juga menu pendamping lain. Friends Coffe Palembang buka dari pukul 11.00 hingga 23.00 WIB.


5. Produk minuman kekinian selain Kopi

Perkembangan usaha diera sekarang ini sangatlah pesat karena banyaknya kultur kebudayaan luar yang masuk ke indonesia, menjadikan para pelaku sangat mudah berinovasi dalam mengembangkan ide usaha, semerti makanan dan minuman kekinian yang dapat dengan mudah kita jumpai dimana-mana. "Say Story" (IG: @saystorypalembang/ @saystory.id)




Say Story sendiri merupakan minuman kekinian yang dikenal dengan signature drink dengan perpaduan rasa . Harganya yang murah atau terjangkau, Say Story juga menawarkan banyak varian menu dari mulai Coklat, Redvelvet, Greentea, Kopi, hingga Squash pun ada. Bahkan Say Story pun terdapat menu kombinasi seperti choco taro, redvelvet choco, dan banyak lagi. Untuk Owner Say Story Palembang sendiri adalah aricikhuy. Tempatnya juga telah menyebar di beberapa wilayah palembang, seperti : Surbekti, Plaju,, Pangkalan balai, dan Kenten, buka pukul 11-9 malam dan pada hari rabu dan kamis pukul 11-6 sore


6. Produk Minuman Kesehatan

Minuman jamu telah menjadi minuman kesehatan yang diperlukan untuk menjaga imunitas kesehatan tubuh kita ditengah pandemi covid 19 yang sedang melanda negara. Seperti  Produk "jamu godhog" milik ibu Elia yang bahkan sebelum adanya pandemi sudah berjalan, kini produk Jamu tersebut semakin banyak yang minat. Dengan produk ungulannya yaitu: Jamu kunyit asam melalui insragranya: @jamu.godhog.  






7. Produk Kerajinan khas Palembang

        Produk kerajinan khas Palembang sangatlah banyak dan sangatlah cocok untuk di jadikan ladang usaha, Seperti "Langit Gift" Ownwernya sendiri bernama Ika Mufidah. Galeri Langit Gift ini terletak di jl.DI.Panjaitan lr. Samarinda no.117 Plaju Palembang. Kalian bisa cek  Ig: @langit_gift disana ada banyak souvenir cantik khas Palembang yang dibuat sendiri. Bahan yang di gunakan juga tidak hanya songket, tapi juga ada jumputan serta kreasi dengan manikmanik dan mutiara yang dibuat dengan cantik membentuk dompet, kalung, tas, gantungan kunci , dan souvenir lainnya. 




8. Produk Kriya/Kerajinan Tangan
Usaha Homemade juga sangant menguntungkan bagi pelaku usaha UMKM. Seperti halnya ide membuka usaha Buket Bunga, dengan keahlian tangan yang telaten si pembuat dapat menghasilkan hasil yang indah seperti "Double_efloris". Usaha buket yang dimiliki oleh kakak beradik Ersa & Ersi ini sudah ditekuni selama dua tahun . Tidak hanya buket bunga, produk mereka juga ada buket yang berbahan dasar dari snacak dan dari juga dari bahan flanel sesuai dengan permintaan pesanan, buket yang dibuat gak cuma buat orang wisudah aja gaess... tapi juga bisa buat kado. 



kalian bis liat dan kepoin ig "Double_efloris" di @double_eflorist . Alamat produksinya ada di jl. Maunggal 88 (depan depot air isi ulang Apin) kec. ilir barat 1 Palembang. Pemesanan buket min H-3.


9. Produk Fashion




Rumah busana Tria merupakan tempat usaha UMKM yang brandnya merupakan produk fasion dengan bahan dan corak busana yang khas dengan budaya Palembang seperti songket dan jumputan yang di produksi langsung disana. Berbagai busana yang ada di Rumah Busana Tria seperti : gamis, kemeja, kaos, dan berbagai jenis busana lainnya yang berbcorak songket dan jumputan. Sudah menjadi kekhasan koleksi Tria Gunawan, owner rumah busana ini, kesan etnik Palembang melalui persembahan jumputan kali ini dihadirkan dengan sentuhan kreasi menawan.


  


Kunjungi alamat instagram @rumahbusanatria nya kalo kalian mau liat lebih banyak koleksi dari rumah busana tria. Alamat produksi rumah busana Tria terletak di Jalan Anggar Blok E No 11 Palembang, yang buka tiap hari pukul 08:00-17:00.  
 

10. Produk Kosmetik/Body care


Luxury Deodorant merupakan bran dari @bodycare.plg. Salah satu produk bodycare yang berfungsi untuk ketiak luxury deodorant ini adalah natural deodorant include spray yang bermanfaat menghilangkan bau badan seharian, menghaluskan dan mencerahkan ketiak, serta tidak meninggalkan noda kuning pada baju. Dan yang lulur bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati dan lebih cepat memutihkan ketiak. Produk ini merupakan produk unggulan yang ada di @bodycare.plg. 





Bisa langsung liat dan di order melalui instagramnya : @bodycare.plg . Owner dari brand ini ialah Anggun Nur Andini, usaha ini baru berjalan selama 3 bulan lebih. Alamat prodiksi berada di jl tanjung harapan nusa indah lima.


Dan itu dia 10 brand yang keren menurut aku yang ada di Palembang. Dari sekian banyak brand yang ada diatas ada beberapa usaha yang emang baru dibuat tapi udah berkembang banget usahanya. Usaha tersebut dibuat ditengah situasi pandemi ini guna meningkatkan ekonomi ditengah krisis yang dihadapi. dan ada juga usaha yang emang dibuat udah lma dan tetep bertahan walau di tengah situasi pandemi ini.  

 
 


Beberapa sumber didapat dari:
inastagram: 
@susanwilson24 
@d2.kitchen  
@snackgram_kampus 
@friendscoffee_plg  
@saystorypalembang 
@jamu.godhog 
@langit_gift 
@double_eflorist 
@rumahbusanatria 
@bodycare.plg
https://rmolsumsel.id/2020/09/18/ke-friends-coffee-palembang-yuk-bisa-nongkrong-sambil-ngopi/
https://www.maboormedia.web.id/2020/05/produsen-agen-jamu-Palembang.html
https://bukuwarung.com/franchise-say-story/
https://mediasriwijaya.com/jumputan-new-design-new-material-koleksi-terbaru-rumah-busana-tria

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Buku PUBLIK RELATION penerbit Andi

Seminar Broadcasting Radio Elshinta