Tantangan saat Membuat Call For Paper Mata kuliah Metode Penelitian Komunikasi Kualitatif

Telah memasuki Semester 6 yang mana pada semester ini kita biasanya disibukan dengan banyak tugas yang banyak karena pada semester ini merupakan semester yang memasuki semester akhir.

Pada blog kali ini saya akan berbagi cerita saya dalam megerjakan tugas ini serta tantangan yang saya hadapi saat membuat tugas Mata Kuliah Metode Penelitian Komunikasi Kualitatif , yaitu tugas membuat Call For Paper. 


Call For Paper merupakan wadah bagi peneliti untuk memepublikasikan hasil penelitian yang telah dibuatnya. Pada tugas yang diberikian dari mata kuliah Metode Peneitian Komunikasi Kualitatif  ini kami disuruh membuat tugas Call For Paper. Sebelum membuat tugas tersebut kami terlebih dahulu mencari 4 judul penelitihan dengan 4 Metode Penelitian Komunikasi Kualitatif, yaitu:

1. Studi Kasus : Strategi Komunikasi 

2. Studi Fenomenologi

3. Studi Analisis Wacana

4. Studi Semiotika

kemudian dari ke empat judul yang kami buat sesuai 4 metode di atas, kemudian akan dipilih oleh Dosen pengampuh untuk judul penelituan yang akan dibuat jadi Call for Paper. 4 judul telah saya buat dan ternyata dari ke4 judul yang telah saya buat tersebut, judul dengan metode Studi Kasus : Strategi Komunikasi lah yang dipilih oleh Dosen pengampuh. Judul tersebut adalah Strategi Komunikasi Pihak Pengelolah pasar dalam Penataan Pedagang Kaki Lima di Pasar 16 ilir Palembang.




waktu tau mendapat judul tersebut perasaan saya agak sedikit kecewa, karena judul yang saya inginkan tidak terpilih, sebenarnya judul yang saya ingin adalah judul dengan metode penelitian komunikasi studi analisis wacana dan sinematografi karena saya sudah sedikit memahami pembahasan dari metode tersebut yang bersangkutan dengan judul yang saya buat mengenai sebuah film. Entah kenapa judul yang saya ingin tersebut tidak dipilih. Namun apapun yang dipilih, saya harus tetap mengerjakannya demi pembelajaran.

Karena judul yang dipilih tidak sesuai dengan apa yang saya inginkan, saya harus tetap berfikir keras untuk membuat penelitian ini. Waktu membuat judul ini saya terpikir tentang betapa riwehnya kemacetan yang ada di area pasar 16 ilir akibat beberapa pedagang kaki lima yang berdagang di pinggiran jalan yang memicu kepadatan jalan, apalagi saat itu bertepatan pada menjelang hari raya idul fitri selain itu saya juga bekerja di salah satu toko grosir di pasar 16, Maka dari itu terbesit di kepala saya untuk membuat judul tersebut Strategi Komunikasi Pihak Pengelolah pasar dalam Penataan Pedagang Kaki Lima di Pasar 16 ilir Palembang.


Saat pengerjaan penelitian ini ada beberapa saya terkendala beberapa hal seperti tentang perizinan dan lainnya. karena saat pengerjaan ini dilakukan setelah hari raya idul fitri saya sedikit kesulitan untuk mendapat izin mewawancarai dan meminta informasi langsung dari pihak petinggi pengelolah pasar (managernya) karena beliau masih liburan, jadi saya mencari cara lain untuk mendapat informasi dengan mewawancarai pedagang kaki lima langsung dan satpam selaku keamanan di pasar, namun sayangnya saya tidak dapat berpoto dengan mereka karena pada saat itu saya hanya seperti bertanya dan ngobrol langsung dengan mereka yang terkesan tidak resmi. 





Untuk mendapatkan foto objek pun tidaklah mudah karena kondisi pasar yang ramai (takut hp di jambret), jadi pengambilan foto objek saya ambil pada sore hari yang mana kondisi pengunjung tidak terlalu ramai dan pada saat saya pulang kerja.

Namun dengan ini saya dapat banyak pembelajaran dan pengalaman tentang sebuah penelitian dan survei langsung ke tempat penelitian dan melakukan pengamatan, dan dapat penyelesaikan tugas sendiri walaupun dengan hasil yang kurang memuaskan.

Pada saat pengerjaan penelitian ini saya juga mencari beberapa informasi tentang metode penelitian komunikasi kualitatif  dengan mencari refrensi dan membaca buku sebagai buku panduan dan daftar pustaka, buku yang saya baca adalah buku Metode Penelitian Komunikasi Kualitatif yang ditulis oleh Dr. Sugeng Pujileksono, M.Si dan buku Teori Komunikasi individu hingga massa karya Morissan.



Dari tugas ini saya juga dapat memahami beberapa hal dari metode penelitian komunikasi kualitatif. Penelitian merupakan suatu metode untuk menemukan kebenaran yang merupakan sebuah pemikiran kritis. Penelitian didefinisikan sebagai upaya sistematik dan ilmiah untuk mencari jawaban atas suatu masalah yang terjadi dalam kehidupan. Jawaban tersebut kemudian dicari pelalui proses penelitian dapat berupa jawaban yang abstrak dan umum ataupun jawaban yang konkret dan spesipik.  Metode Penelitian Komunikasi adalah penelitian prosedur atau cara ilmiah dalam melakukan penelitian dibidang komunikasi untuk menemukan hal-hal baru, membuktikan/menguji temuan penelitian sebelumnya untuk pengembangan ilmu komunikas.


 



  





Komentar

  1. Lebih semangat lagi dalam memahami penelitian dan belajar menulis sehingga tulisan mengalir dan disukai pembaca... Seru ya ke Pasar 16 nya Selvi? :D

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Brand UMKM Keren menurut Selvi yang ada di Palembang

Review Buku PUBLIK RELATION penerbit Andi

Seminar Broadcasting Radio Elshinta