Belajar Sinematografi #dirumahaja di tengah pandemi corona


Sinematografi




Pandemi covid-19 atau yang dikenal juga dengan sebutan virus corona sekarang ini telah melanda seluruh dunia, termasuk negara Indonesia. Virus corona ( covid-19 ) ini sendiri merupakan jenis virus baru yang berbahaya dan dapat menyebar dengan cepat, yang mana bagi orang yang menderita atau terkena virus tersebut dapat meninggal dengan cepat. Karena virus ini cepat sekali menyebar, bahkan di Indonesia sendiri telah mencapai kurang lebih dua ribuan kasus penderita virus ini, maka pemerintah Indonesia menerapkan sistem social distancing yang merupakan salah satu langkah pencegahan dan pengendalian infeksi virus Corona dengan menganjurkan orang sehat untuk membatasi kunjungan ke tempat ramai dan kontak langsung dengan orang lain. Dan mengharuskan kita untuk tetep #dirumahaja.

Karena penerapan itu semua kegiatan diluar rumah diliburkan atau dihentikan sementara, bahkan perusahaan, kantor, maupun sekolah/ perguruan tinggi pun diliburkan sementara sampai virus ini benar-benar hilang dan bersih, oleh sebab itulah kita diharuskan untuk bekerja dirumah, ibadah dirumah, bahkan belajar dirumah.

Belajar dirumah pasti bakal buat kalian gabut dan membosankan, apalagi tugas sekolah ataupun kuliah yang udah buat kalian terbebani tentang itu. Tapi kalian bisa saja belajar hal baru dan buat kalian menambah pengetahuan baru, seperti belajar Sinematografi.

Sinematografi sebagai ilmu terapan merupakan bidang ilmu yang membahas tentang teknik menangkap gambar dan menggabung-gabungkan gambar tersebut sehingga menjadi rangkaian gambar yang dapat menyampaikan ide (dapat mengemban cerita). Yang secara khusus mempelajari berbagai hal terkait dengan pembuatan film. Bidang yang satu ini bisa menjadi cukup kompleks dan memusingkan buat para pemula. Maka dari itu, kami hadir dengan panduan lengkap yang bisa membantumu mulai belajar sinematografi dengan mudah. 



Belajar Sinematografi gak akan ngebosenin deh.. buat kita yang #dirumahaja, ada beberapa hal nih yang bakal buat kita gak bosen belajar Sinematografi dirumah:

1. Nonton Film

Buat yang suka atau yang hobi nonton film bisa buat nambah ilmu sinematografi nih. Dengan mengamati film yang berjalan langsung akan membuat kita terfokus pada bagaimana cara pengambilan gambar dapat benar-benar menghidupkan sebuah cerita dalam film yang kita tonton. Seperti saat kita menonton sebuah film fantasi mungkin kita akan bertanya tentang proses pembutan film tersebut,bagaiman mereka membuat sebuah Khayalan menjadi seakan-akan benar-benar nyata

2. Belajar melalui Youtube, Wab dan Aplikasi video

Kita yang sudah cenderung suka film biasanya penasaran tentang bagaimana proses pembuatan sebuah film atau mungkin juga sebuah video pendek, dan kita juga bisa mencaritauh memalui youtube dan wab ( situs pencarian ) tentang cara pembuatan film yang bagus dan baik. kita juga bisa melakukan prakteknya dengan membuat sebuah video pendek dengan menggunakan beberapa aplikasi yang tersedia di smartphone atau android.

3. Membaca Buku tentang Sinematografi & Film



Dengan membaca buku juga dapat menambah ilmu tentang sinematografi serta pengetahuan kita dibidang teorinya. buku yang berjudul : MEMAHAMI FILM karya dari Himawan Pratista ini juga menjadi salah satu buku bacaan yang merefrensi kita buat belajar sinematografi. Dalem buku ini ada banyak banget pembahasan teori tentang sinematogrfi dan ada juga beberap judul Film yang bisa kita tonton untuk memahami teori yang ada.


Itulah beberapa hal yang bakal buat kita gak bosen belajar Sinematografi saat #dirumahaja. Kita bisa ngelakuin semuanya walau dirumah, praktek dan juga teorinya juga bisa terlihat seru dan menyenangkan. :)


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Brand UMKM Keren menurut Selvi yang ada di Palembang

Review Buku PUBLIK RELATION penerbit Andi

Seminar Broadcasting Radio Elshinta