Multimedia & Sosial Media






         Multimedia adalah kombinasi dari komputer dan video atau Multimedia secara umum merupakan kombinasi tiga elemen, yaitu suara, gambar dan teks atau Multimedia adalah kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output dari data, media dapat audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar atau Multimedia merupakan alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan gambar video. Multimedia adalah pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, gambar bergerak (video dan animasi) dengan menggabungkan link yang memungkinkan pemakai melakukan navigasi, berinteraksi, berkreasi dan berkomunikasi. 

          Ada 2 kategori Multimedia berdasarkan definisi dari Media / Medium sendiri sebagai entitas yang dilewati oleh sesuatu, yaitu : 

1. Multimedia content production Multimedia adalah penggunaan dan pemrosesan beberapa media (text, audio, graphics, animation, video, and interactivity) yang berbeda untuk menyampaikan informasi atau menghasilkan produk multimedia (music, video, film, game, entertaiment, dll) Atau penggunaan sejumlah teknologi yang berbeda yang memungkinkan untuk menggabungkan media (text, audio, graphics, animation, video, and interactivity) dengan cara yang baru untuk tujuan komunikasi. Dalam kategori ini media yang digunakan (tampak pada gambar 2.1) adalah :
  • Media Teks 
  • Media Graph / Image 
  • Media Audio 
  • Media Interactivity 
  • Media Video 
  • Media Special Effect 
  • Media Animasi 
2. Multimedia communication Multimedia adalah menggunakan media (masa), seperti televisi, radio, cetak, dan Internet, untuk mempublikasikan/menyiarkan/mengkomunikasikan material advertising, publicity, entertaiment, news, education, dll. Dalam kategori ini media yang digunakan  adalah 
  •   TV Radio Film Cetak Musik
  •   Game Entertaiment Tutorial ICT (Internet) 

Preproduction atau Pra Produksi merupakan tahapan perencanaan. Secara umum merupakan tahapan persiapan sebelum memulai proses produksi (shooting film atau video).
Pada intinya tujuan pra produksi adalah mempersiapkan segala sesuatunya agar proses produksi dapat berjalan sesuai konsep dan menghasilkan suatu karya digital video sesuai dengan harapan.Bagian-bagian Pra Produksi
Desain
perencanaan produk,
Dokumentasi
Kumpulkan tim
Membangun prototype
– pengurusan hak cipta dan
penandatanganan kontrak dan pembiayaan


proses penuangan ide (proposal) produk
Proses Produksi
Secara singkat praproduksi yaitu menentukan ide cerita kemudian mensketsakan beberapa adegan penting ke dalam bentuk naskah cerita.
Lalu dibuat Storyboard untuk menerjemahkan naskah menjadi cerita yg lebih mendetail.
Beberapa elemen yang perlu menjadi pertimbangan pra produksi
– Apakah tujuan dan pesan yang ingin disanpaikan? Dan apa essensinya
– Siapa pemirsa yang akan di tuju? Siapa yang akan menjadi pengguna akhir dari karya ini?, seperti apa flat form pemutaran multimedia mereka?
– Apa keinginan klien?
– atau membuat sesuatu yang sama sekali baru?
– Apakah sarana yang menunjang untuk pembuatan proyek telah terpenuhi?
– Menginventarisir perangkat lunak yang dibutuhkan.
– Menginventarisir Orang yang terlibat serta pembagian job deskripsi
– Membuat schedule kerja.
– Merancanakan biaya yang dibutuhkan
– Merencanakan pendistribusian hasil kerjqa.
– Mengupdate hasil kerja
Tahap produksi merupakan tahap ketika proyek multimedia di render kemungkinan terjadi menghadapi masalah-masalah misalnya ketika file grafis lenyap dari server atau lupa mengirim, ketika suara hilang ataupun hard disk mengalami crash.


Sumber informasi:
https://mediahabib.wordpress.com/2016/11/11/alur-proses-produksi-multimedia/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Brand UMKM Keren menurut Selvi yang ada di Palembang

Review Buku PUBLIK RELATION penerbit Andi

Seminar Broadcasting Radio Elshinta