Public Relations






Apa Itu Pablic Relation ?




Definisi PR

Merupakan fungsi menegemen yang membangun & mempertahankan hubungan yang baik & bermanfaat antara perusahaan, badan atau institut, dan organisasi dengan publik yang mempengaruhi kesuksesan atau kegagalan badan atau organisasi tersebut (cutlip, center & broom).

Pengertian public relation adalah Interaksi dan menciptakan opini publik sebagai input yang menguntungkan untuk kedua belah pihak, dan merupakan profesi yang profesional dalam bidangnya karena merupakan faktor yang sangat penting dalam pencapaian tujuan organisasi dengan secara tepat dan dengan secara terus menerus karenapublic relation merupakan kelangsungan hidup organisasi yang bersangkutan (Maria, 2002, p.7).

Fungsi utama PR adalah menumbuhkan dan mengembangkan hubungan baik antarlembaga (organisasi) dengan publiknya, internal maupun eksternal dalam rangka menanamkan pengertian, menumbuhkan motivasi dan partisipasi publik dakam upaya menciptakan iklim pendapat (opini publik) yang menguntungkan lembaga organisasi. Public Relation bertujuan mempengaruhi perilaku orang secara individu maupun kelompok saat saling berhubungan, melalui dialog dengan semua golongan, dimana persepsi, sikap dan opininya penting terhadap suatu kesuksesan sebuah perusahaan. Public Relation juga memiliki evolusi konsep, seperti :
  • Kepentingan Bisnis → Propaganda - Satu arah → Persuasif dalam bentuk publisasi.
  • Perilaku korporat → Membantu korporasi menyesuaikan diri dengan lingkungannya.
Memanegemen konseling terhadap perubahan yang dibutuhkan korporasi. 



PR juga memiliki beberapa unsur yang terkandung didalam definisi PR itu sendiri, yaitu :

  1. Melakukan program terencana dan berkesinambungan sebagai bagian dari managemen organisasional.
  2.  Menangani hubungan antara organisasi dengan stakeholedernya.
  3. Memonitori kesadaran, opini, sikap, dan perilaku didalam dan diluar organisasi.
  4. Menganalisis dampak dari kebijakan, prosedur dan aksi terhadap stakeholeder

Public Relations juga merupakan jenis pekerjaan yang biasanya mengurus segala hal terkait dengan komunikasi, baik dalam atau luar perusahaan. Tugas seorang PR adalah memastikan citra perusahaan di mata masyarakat tidak buruk.




Beberapa profesi atau pekerjaan yang berhubungan (menggunakan) Public Relation :
    • Media
    • Peresiden
    • Pemerintah / Pemerintah daerah / Politikus
    • Industri / Industri Entertaimen
    • Korporasi
    • Tim Olahraga
    • Rumah Sakit
    • Universitas
    • dll


Sumber Materi  dan Refrensi:
Materi dasar-dasar Publik relation
https://www.idntimes.com/life/career/fransisca-stefanie-chandra/alasan-kenapa-bekerja-jadi-public-relations-adalah-pilihan-tepat-c1c2/full


Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Brand UMKM Keren menurut Selvi yang ada di Palembang

Review Buku PUBLIK RELATION penerbit Andi

Seminar Broadcasting Radio Elshinta