Public Relations
Apa Itu
Pablic Relation ?
Definisi PR
Merupakan fungsi
menegemen yang membangun & mempertahankan hubungan yang baik &
bermanfaat antara perusahaan, badan atau institut, dan organisasi dengan publik
yang mempengaruhi kesuksesan atau kegagalan badan atau organisasi tersebut
(cutlip, center & broom).
Pengertian
public relation adalah Interaksi dan menciptakan opini publik sebagai input
yang menguntungkan untuk kedua belah pihak, dan merupakan profesi yang
profesional dalam bidangnya karena merupakan faktor yang sangat penting dalam
pencapaian tujuan organisasi dengan secara tepat dan dengan secara terus
menerus karenapublic relation merupakan kelangsungan hidup organisasi yang
bersangkutan (Maria, 2002, p.7).
Fungsi
utama PR adalah
menumbuhkan dan mengembangkan hubungan baik antarlembaga (organisasi) dengan
publiknya, internal maupun eksternal dalam rangka menanamkan pengertian,
menumbuhkan motivasi dan partisipasi publik dakam upaya menciptakan iklim
pendapat (opini publik) yang menguntungkan lembaga organisasi. Public
Relation bertujuan mempengaruhi
perilaku orang secara individu maupun kelompok saat saling berhubungan, melalui
dialog dengan semua golongan, dimana persepsi, sikap dan opininya penting
terhadap suatu kesuksesan sebuah perusahaan. Public Relation juga memiliki evolusi konsep, seperti :
- Kepentingan Bisnis → Propaganda - Satu arah → Persuasif dalam bentuk publisasi.
- Perilaku korporat → Membantu korporasi menyesuaikan diri dengan lingkungannya.
Memanegemen konseling terhadap perubahan yang dibutuhkan korporasi.
PR juga
memiliki beberapa unsur yang terkandung didalam definisi PR itu sendiri, yaitu
:
- Melakukan program terencana dan
berkesinambungan sebagai bagian dari managemen organisasional.
- Menangani hubungan antara organisasi dengan stakeholedernya.
- Memonitori kesadaran, opini, sikap, dan perilaku didalam dan diluar organisasi.
- Menganalisis dampak dari kebijakan, prosedur dan aksi terhadap stakeholeder
Public Relations juga merupakan jenis pekerjaan yang biasanya mengurus segala hal
terkait dengan komunikasi, baik dalam atau luar perusahaan. Tugas seorang PR
adalah memastikan citra perusahaan di mata masyarakat tidak buruk.
Beberapa profesi atau pekerjaan yang berhubungan (menggunakan) Public Relation :
- Media
- Peresiden
- Pemerintah / Pemerintah daerah / Politikus
- Industri / Industri Entertaimen
- Korporasi
- Tim Olahraga
- Rumah Sakit
- Universitas
- dll
Sumber Materi dan Refrensi:
Materi dasar-dasar Publik relation
https://www.idntimes.com/life/career/fransisca-stefanie-chandra/alasan-kenapa-bekerja-jadi-public-relations-adalah-pilihan-tepat-c1c2/full
Komentar
Posting Komentar