Lobby, Negosiasi, dan Presentasi PR





Lobby, Negoisasi, & Persentasi


    Lobby
         adalah suatu upaya pendekatan yang dilakukan untuk mempengaruhi dengan tujuan kepentingan tertentu.. Pada tahap lobi, pelobi tidak memutuskan. Lobi dilakukan dengan cara baik ataupun kini dengan cara tidak baik.
Fungsi Lobi:
–          Lobi sebagai pembuka jalan bernegosiasi, kalau ada respon
–          Mempengaruhi pengambilan keputusan

      Negoisasi
          adalah sebuah proses yang terjadi antara dua pihak atau lebih, yang pada mulanya memiliki pemikiran yang berbeda hingga pada akhirnya mencapai kesepakatan bersama. Negosiasi bisa terjadi karena adanya konflik dan lobbying ada didalamnya untuk mengurangi konflik.
Fungsi Negosiasi:
–          Mencapai kesepakatan bersama
–          Mengubah pendapat orang lain
–          Meyakinkan pihak lain
–          Terkait 4 kuadran negosiasi
            Hubungan antara Komunikasi dengan Teknik Lobi dan Negosiasi
–          Segala sesuatu yang kita kerjakan adalah komunikasi.
–          Cara kita memulai pesan sering menentukan hasil komunikasi
–          Cara pesan disampaikan selalu berpengaruh terhadap cara pesan  itu diterima
–          Komunikasi yang sesungguhnya adalah pesan yang diterima, bukan pesan yang dimaksudkan.
–          Komunikasi adalah jalan dua arah , kita harus memberi sekaligus menerima.
–          Komunikasi bukanlah tindakan menyampaikan informasi melainkan representasi keyakinan bersama (shared belief).
Konsep Lobi dan Negosiasi
  
   adalah merupakan suatu keharusan. Karena pergaulan kemasyarakatan baik di tingkat lokal, nasional maupuninternasional memerlukan pelobi-pelobi dan negosiator yang handal (komunikabilitas) untuk dapat mencegah tidak terjadi dan berkembangnya suatu konflik yang berkepanjangan yang pada gilirannya menjadi suatu bentrokan fisik, bahkan peperangan. Melakukan lobi dan negosiasi harus sesuai dengan prinsip- prinsip, strategi, teknik, dan taktik, esensi dan fungsinya, oleh karena itu disebut sebagai suatu konsep.Prinsip, Strategi, Teknik, dan Taktik Lobi dan Bernegosiasi
Lobi memiliki beberapa karakteristik yaitu bersifat informal dalam berbagai bentuk, pelakunya juga beragam, dapat melibatkan pihak ketiga sebagai perantara, tempat dan waktu fleksibel dengan pendekatan satu arah oleh pelobi.
       


        Presentasi
             Presentasi merupakan alat untuk menyampaikan maksud dari sebuah reancana. Presentasi mempunyai banyak ragam dan maksud-maksud tertentu. Dalam dunia bisnis, terdapat beberapa jenis presentasi yang umum diketahui. Setiap jenis presentasi, tentulah butuh pengetahuan dan spesialisasi tertentu dalam melakukannya. Berikit jenis- jenis Presentasi yang dilakukan dalan dunia bisnis yang menyangkut dalam Public Relation :
  1. Informatif                                                                                                                                  Presentasi jenis ini merupakan jenis yang paling sering umum kita temukan. Presentasi dengan jenis ini bertujuan untuk memberitahu sesuatu yang baru atau informasi yang terkait suatu topik atau isu terbaru. Pembicara tentunya harus menguasai topik yang dibahas atau bahkan seorang ahli dalam topik yang ia bicarakan.
  2. Persuasif                                                                                                                                      Presentasi jenis ini bertujuan untuk mengajak sekelompok orang atau perseorangan melakukan atau mempercayai sesuatu. Untuk membangun kercayaan orang lain, dibutuhkan pembicara yang benar-benar ahli. Karena bukan tidak mungkin pembicara harus menghadapi orang atau kelompok yang tidak setuju dengan apa yang dibawakan oleh pembicara.    
  3. Demintratif                                                                                                                                    Dalam presentasi ini, sang public speaker akan mendemonstrasikan cara melakukan sesuatu. Misalnya pada demo masak, sang koki akan mendemonstrasikan cara memasak makanan andalannya agar bisa diikuti oleh para penonton yang melihat. Pada presentasi jenis ini, poin yang harus diperhatikan adalah tahapan-tahapan yang dilalui atau step by step yang harus dilalui agar tidak menimbulkan kebingungan oleh para penonton.
  4. Inspiration                                                                                                                                      Presentasi tipe ini bertujuan untuk membawa orang-orang yang mendengar pemateri menjadi bergerak menuju arah yang menjadi lebih baik. presentasi jenis ini membawa para pedengarnya menuju tujuan tertentu, sesuai dengan topik yang dibawakan dalam presentasi. Yang dibawakan dalam presentasi seperti ini biasanya seperti pengalaman pribadi atau cerita-cerita yang berkaitan dengan suatu momen, sehingga membuat para penontonnya menjadi tergerak untuk mencapai suatu tujuan.

           


Daftar Pustaka:
https://kinibisa.com/artikel/detail/komunikasi/subdetail/presentasi/read/4-jenis-presentasi-yang-umum-digunakan 
http://kuliahonlinekomunikasi.blogspot.com/2011/12/lobby-dan-negosiasi.html


Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Brand UMKM Keren menurut Selvi yang ada di Palembang

Review Buku PUBLIK RELATION penerbit Andi

Seminar Broadcasting Radio Elshinta